bannerRadiografer.Net adalah Blog Radiografer Indonesia. Berisi beragam tulisan tentang Radiologi, Radiografi, Radioterapi dan lain-lain yang berkaitan dengan dunia ilmu sinar, kadang diselipi juga oleh tulisan-tulisan tentang berita terbaru, tren terhangat, dunia komputer, internet dan sekitarnya yang sekiranya enak serta layak untuk dibaca. Radiografer.net selalu membuka kesempatan bagi rekan-rekan radiografer menjadi kontributor didalamnya, lebih lanjut silahkan dibaca dalam About.
Dec
6th

Media kontras pada CT Scan Abdomen

Author: putu adi | Files under Kesehatan, Radiologi

Setelah sekian lama kepala ini buntu untuk menulis tentang radiologi, kali ini saya akan mencoba menulis pengalaman sehari-hari bekerja dalam instalasi radiologi, yaitu tentang “Media Kontras minum pada CT Scan Abdomen”

Jika jeli membaca Protokol¬†CT Scan Abdomen yang telah diuraikan dalam blog ini, dalam tulisan tersebut terdapat keterangan “Untuk kasus CA pancreas pakai kontras negatife (minum air saja)”. Tulisan ini benar sekali adanya, ditempat kerja saya sedang gencar-gencarnya mempraktekan hal ini.

Dulu, kira-kira setahun yang lalu kami masih mengadopsi gaya orde lama  prosedur lama yaitu selalu minum air yang di campur media kontras cair untuk semua kasus CT Scan Abdomen, akibatnya untuk kasus-kasus dalam pancreas, gaster, bille duct dan sekitarnya sering terjadi miss diagnosa atau diagnosa yang tidak sempurna karena daerah kuadran yang terdapat organ tersebut tertutup oleh bayangan opaque media kontras dalam gaster.

Akhirnya dialog dan koordinasi dengan Radiolog dilakukan disertai dengan beberapa sumber ilmiah, kemudian disimpulkan untuk selanjutnya CT Scan Abdomen dengan kasus-kasus pada daerah Pancreas, Gaster, Bille duct dipakai media kontras berupa air minum saja tanpa dicampur media kontras cair.

Dan hasilnya untuk klinis batu pada bille duct (kandung empedu) bisa ditegakan dengan baik dibanding sebelumnya batu tersebut pasti tertutup bayangan opaque media kontras. Terima kasih untuk sumber-sumber ilmiah yang ada, prosedur pemeriksaan CT Abdomen RSUP Dr Soetomo Surabaya yang ketikannya ada dalam blog ini, dan juga rekan-rekan radiografer yang aktif dalam internet radiografi, mungkin saya bisa memberi nama Masyarakat Internet Radiografi (MIR) hehe..bercanda..

Sayang sekali saya belum bisa menambahkan gambar untuk tulisan ini, lain kali jika ada gambar yang cocok saya akan upload kembali.

Baca juga

    2 responses. Wanna say something?

    1. Eka K.
      Dec 19, 2008 at 20:00:09
      #1

      Waktu alat CT Scan di tempat saya bekerja baru diperkenalkan, saya sempat dijadikan volentir untuk diujicoba dengan memasukkan kontras secara iv dan memang terasa banget. Itu untuk ct-angiografi kan Di.. ?
      Pd pemeriksaan penderita lainnya juga saya lihat hasil ct yang memperlihatkan semua lumen kolon, mirip dengan hasil colonoscopy. Cerita di atas apa yang ini masudnya Di ya..?? Ada yang disebut helicle ct-scan gitu..

    2. tanto
      Jan 11, 2009 at 21:34:47
      #2

      berbeda antara virtual colonoscopy dengan pemberian media kontras netral(air). memang tujuannya sama untuk memberi marker pada Tr.digestivus. namun maksud pemeriksaannya berbeda. pada kontras air bermaksud untuk memvisualisasikan Tr. biliaris agar bebas dari kontras oral yang radiopak(barium). tapi pada virtual colonoscopy digunakan kontras negatif(udara) dengan memasukkan lewat anus.kemudian pemeriksaan dengan tujuan analisa kelainan pada kolon, alternatif barium enema.juga protokolnya dilakukan harus dengan CT Scan Multislice, lebih tinggi Spectnya jauh lebih baik (kira-kira minimal 6 MS ) Protokolnya 2x Scan dengan pasien supine dan prone, dengan tujuan agar dapat dibedakan distribusi udara pada saat supine dan Prone. kira- kira begitu kurang lebihnya

    Post a Comment


    Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

    Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp) in Unknown on line 0